Saturday, February 13, 2010

Apato di Jepang


Pada saat ini lebih dari 70% dari penduduk Jepang tinggal di rumah atau diapartemen yang dikontrakan kalaupun mereka punya sendiri pasti mereka pernah mengontrak atau tinggal di apartemen. Bahkan seorang direktur atau pejabat tinggi selevel DPRnya jepang pun ada yang masih mengontrak dan ada yang tidak punya rumah sendiri kerena sering berpindah tempat kerja (tenkin 転勤), atau pindah sekolah (tenkou転校), tidak ada perbedaaan harga kontrak rumah baik bagi orang jepang maupun orang asing.

Pada saat mencari rumah kontrakan atau apartemen, maka lebih baik memakai jasa agen propertyfudousanya 不動産屋)atau kalau mahasiswa bisa menggunakan jasa coop kampus dalam mendapatkan rumah kontrakan. Jarang sekali orang yang punya rumah langsung mengontrakan rumahnya tampa melalui perantara, dan system ini dipakai diseluruh Jepang salah satu kebaikanya adalah dapat menghindari masalah masalah yang timbul antara yang ngontrak dengan pemilik kontrakan disamping itu juga kalau melalui fudousan ini, mereka bisa mengenalkan beberapa rumah atau apartement sesuai dengan keinginan kita harga sewa, luasnya kamar, daerah, tempat parkir.Untuk informasi rumah sewa, disediakan majalah khusus informasi rumah secara gratis di tempat tempat umum .Biasanya luas rumah / kamar dihitung berdasarkan jumlah tatami . Satu lembar tatami sekitar 1,8mx0,9m. Dan satu lembar tatami disebut ichijou.一畳 . Pada umumnya, saat menyewa rumah tidak disertai dengan peralatan rumah tanggarumah kosong



Beberapa prosedur sewa menyewa rumah di Jepang antara lain sebagai berikut :

1.Ketika Menyewa Surat perjanjian ; keiyakusho契約書)

Yang perlu dibayar pertama kali pada saat mengontrak rumah adalah,

1. uang kontrak rumah bulan yang bersangkutan .

2. uang jaminan atau uang mukashikikin 敷金)

  Yang dimaksud dengan uang muka adalah Uang yang dititipkan kepada pemilik rumah.Biasanya jumlah uang sekitar 1-3 bulan harga sewa rumah.uang ini dipergunakan untuk biaya perbaikan pada saat penyewa pindah/keluar rumah.Jika ada kelebihan uang dari biaya perbaikan rumah, maka uang Anda akan kembali.

3. uang imbalan untuk pemilik rumahreikin 礼金)

Yang dimaksud dengan uang imbalan adalah uang yang harus dibayar untuk pemilik rumah pada saat mengontrak .Biasanya jumlah nya sebesar 1-2 bulan harga sewa.Uang ini tidak akan kembali pada saat Anda pindah rumah.sebesar satu kali uang sewa

4. uang jasa untuk agen property chuukairyou仲介料.

uang perantara adalah uang jasa untuk agen property.Besarnya uang sekitar 1 bulan harga sewa rumah. 

Jadi pada saat pertama kali kita mengontrak rumah maka kita harus menyiapkan uang sebesar 5 kali uang sewa kalau sewa rumah sebulannya 50,000 yen , maka pada saat kontrak pertama kali kita harus membayara 250,000 yen ditambah uang asuransi dan unag kunci dll dengan total sekitar 280,000 yen , jadi jika dijumlahkan ,yang perlu dibayar untuk uang sewa rumah pertama kali yaitu sekitar 5 - 6 kali besarnya uang sewa satu bulan. Dan biasanya diperlukan seorang penjaminhosounin保証人)、Penjamin adalah, orang yang bertanggung jawab pada saat penyewa rumah tidak bisa membayar uang sewa rumah.Yang bisa menjadi penjamin biasanya, orang yang mempunyai penghasilan lebih dari gaji standar .Jika Anda tidak mempunyai seorang penjamin, Silahkan konsultasikan pada agen property, atau bagi Anda yang pelajar silahkan konsultasikan dengan pihak sekolah / universitas terkadang sebagai penanggung jawab terhadap penyewa rumah kalau mahasiswa , maka professor pembimbing atau pihak sekolah yang menjadi garantor ini.

2. Perjanjian jangka waktu mengontrak

Jangka waktu kontrak biasanya selama 2 tahun. Dan pada saat perpanjangan kontrak, kadang-kadang ada kenaikan harga sewa.

3.Uang Kontrak

Uang kontrak yachin (家賃) dan iuran bersama (kyoekihi 共益費) dibayar perbulan bisa dibayar cash atau melalui transfers bank. Yang dimaksud dengan iuran bersama (kyoekihi) adalah biaya yang harus ditanggung bersama dengan penyewa rumah lainnya, seperti iuran listrik ditangga luar rumah dan iuran kebersihan. Sedangkan untuk biaya listrik, air,dan gas tidak termasuk dalam uang kontrak rumah (dibayar sendiri ).

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengontrak rumah atau apartemen di Jepang

● Memberi salam kepada pemilik rumah (0yasan ) atau penjaga apartemen setelah itu mengecheck tempat dan hari pembuangan sampah. Cara memberi salam yang sederhana sebagai contoh (nomor kamar) gositsuni hairu..(nama).douzou yorosiku onegaisimasu. dan mematuhi aturan tinggal bersama dengan tetangga dan tempat umum yang biasa digunakan untuk keperluan bersama seperti selokan,taman,penerangan jalan membutuhkan biaya yang dipikul bersama. Tidak termasuk dalam biaya sewa rumah, maka dari itu bergabunglah deng RT/RW. tidak hanya itu saja tapi dapat diperoleh berbagai informasi penting dan [info bergilir ]mengenai kegiatan lainya yang diselenggarakan dia area dimana anda tinggal.

●Tidak boleh memelihara binatang peliharaan

● Didalam kamar tidak boleh mengecat dinding atau memaku sembarangan

●Tidak diperkenakan membuat kegaduhan seperti suara televise,radio atau lainnya yang menggangu kenyamanan tetangga

●Tidak diperkenakan memasukkan orang lain yang belum terdaftar sebagai penghuni saat mendaftar, bila ada perubahan harap melapor segera

●Bila memutuskan untuk mengakhiri masa sewa ,paling tidak 30 hari sebelumnya harap melapor ke oyasan atau penjaga apartemen

●Mengganti tatami atau tembok adalah tanggung jawab penghuni lama. Semua barang yang tidak terpakai harap dikeluarkan. dan kamar dalam keadaan bersih tampa sampah sedikitpun .

Tipe-tipe apato

1ROOM



Jenis apartemen ini biasanya memiliki kamar tidur / dapur kombinasi, dan kamar mandi / toilet kamar kombinasi. Ukuran rata-rata 16m2 ~ 20m2.

1K

(1 dapur)



Meskipun ukuran apartemen hampir identik dengan 1ROOM, dalam 1K kamar tidur dan dapur yang terpisah.

1DK 1DK

(1 ruang makan, dapur)

Sebuah 1DK memiliki kamar tidur, dan dapur / ruang makan kombinasi. Ukuran keseluruhan sedikit lebih besar dari 1ROOM atau 1K.

1LDK

(1 ruang tamu, ruang makan, dapur)


1LDK memiliki kamar tidur dan ruang tamu. Ukuran umum apartemen tipe ini 40m2 ~ 60m2.

1SLDK

1SLDK hampir identik dengan ruangan 1LDK, kecuali yang mempunyai jalan-jalan besar-dalam ukuran lemari.

. Di kamar nama-nama yang tercantum di atas, jumlah reperesents jumlah kamar di apartemen. K berarti dapur. D adalah ruang makan, ruang keluarga L, dan S adalah penyimpanan. Denah lantai digambarkan dengan kombinasi yang berbeda ini.

Sebagai contoh, 2SDK adalah sebuah apartemen dengan dua kamar makan, dapur, dan lemari besar ruang.

Tipe lantai

tipe

explanation penjelasan

Tatami

Jika Anda sudah familiar dengan Judo, Anda mungkin pernah mendengar tentang 'tatami'. Ini adalah jenis lantai tradisional digunakan di Jepang, dan merupakan tikar yang terbuat dari tanaman yang disebut Igusa. Igusa memiliki aroma yang lembut, sehingga tatami kamar yang ideal untuk bersantai. Sebagai keuntungan tambahan, tatami kedap suara!

Lantai

'Lantai' terbuat dari papan kayu .Meskipun ini cenderung terlihat rapi, tetapi mudah tergores, dan tidak kedap suara.

Bantalan lantai

Lantalan lantai tertutup jenis plastik. Karena agak lembut, bantalan lantai mudah terbakar. Di sisi positifnya, ini tahan air.

Karpet

Karpet secara efektif kedap suara dan, tentu saja, sangat nyaman. Pada sisi bawah, karena Jepang begitu lembab, karpet pemilik harus waspada terhadap kutu dan serangga lain yang berbiak di lantai mereka. Karpet juga sangat sulit untuk dijaga kebersihan. Kedua alasan mengapa sewa kamar dengan karpet sangat jarang ditemukan di Jepang.

Pengukuran

Pada umumnya ada 3 unit pengukuran yang digunakan untuk mengukur apartemen di Jepang.

unit

meaning makna

m2

Meter persegi

TSUBO

Tsubo = sekitar 3.3m2 atau 2 jo

JYOU

1 JO = sekitar 1.65m2, 0.5 Tsubo

MAKALAH

APATO DI JEPANG

unesa

0 comments:

Post a Comment